ARSITEKTUR KOMPUTER - MOHAMMAD RISKIYANTO

Oktober 02, 2018

ARSITEKTUR KOMPUTER

ARSITEKTUR KOMPUTER terdiri dari dua suku kata, yaitu Arsitektur dan Komputer yang masing-masing memiliki arti. Arsitektur adalah ilmu dan seni perencanaan dan perancangan baik dalam tatanan kota, prabot, dan produk. Dalam pengertian lain, istilah “arsitektur” sering juga dipergunakan untuk menggantikan istilah “hasil-hasil proses perancangan”. Komputer adalah suatu perangkat elektronik yang mampu mengolah data dan informasi.
Jadi,... 
Arsitektur Komputer dapat diartikan sebagai ilmu/konsep dan seni dalam perencanaan suatu sistem komputer, dan perancangan interkoneksi antara komponen-komponen komputer.


Arsitektur Komputer itu sendiri terbagi menjadi 2 tingkatan. Pada tingkatan dasar ini hardware lah yang menduduki tingkatan dasar dalam arsitektur komputer, sedangkan satu tingkat diatasnya adalah software. Software berada ditingkat diatas hardware, karena hardware mendukung software dengan memberikan atau menyediakan operasi yang diperlukan software.
Tingkatan - tingkatan tersebut sebagai acuan dasar dalam mengembangkan sistem komputer, yang terdiri dari beberapa layer software dan layer hardware. 



  1. Physical Device layer, tingkatan ini dalah tingkatan pertama dan terpenting dalam sistem komputer. bagian ini merupakan bagian komponen elektrik dan elektronik.
  2. Digital Logic Layer, tingkatan ini merupakan penyimpan, penipulasi, dan pentransmisi data dalam bentuk biner.
  3. Microprogrammed Layer, tingkatan ini merupakan penerjemah dari bahasa mesin (Input) kedalam bahasa digital logic.
  4. Machine Layer, tingkatan ini merupakan tingkatan paling bawah dalam suatu tingkatan hardware, dalam programnya layer ini harus menggunakan instruksi bahasa mesin.
  5. Operating System Layer, namanya saja sudah operating system maka layer ini berfungsi menjadi jembatan software dalam menggunakan hardware. 
  6. Higher Order Software Layer, tingkatan ini mencakup bahasa program yang memerlukan penerjemahan kedalam bahasa mesin sebelum menjalankan perintah.
  7. Aplications Layer, merupakan bahasa komputer seperti yang dilihat oleh end-user.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar